teknologi

Teknologi Robot Polisi Sudah Ada Di Uni Emirat Arab

Pada era 90an, kita sudah sering melihat Robocop di telivisi yang memiliki peran sebagai robot polisi. Dan kini sudah ada Robocop dalam kehidupan nyata di negara Uni Emirat Arab. Dengan kecanggihan teknologi, UEA berhasil menjadi negara pertama pemilik robot polisi.

Pada ajang Gulf Information Security Expo and Conference (GISEC) 2017, UEA secara resmi meluncurkan robot polisi. Robot yang dilengkapi dengan perangkat internet of things (IoT) ini merupakan rancangan dari perusahaan PAL Robotics asal Spanyol.

Robot polisi ini dapat berbicara dalam enam bahasa dan dapat diajak untuk berinteraksi secara langsung.  Selain itu juga dapat mendeteksi berbagai macam ekspresi sebagai respon orang di sekitarnya. Robot dengan tinggi 170 cm ini juga dapat memprediksi gestur gerakan tangan dalam jarak 1,5 meter.

Bahkan pada tahun 2030 mendatang, UEA menargetkan sudah memiliki 25% robot polisi dalam jajaran keamanannya. Selain dapat melayani masyarakat, robot polisi ini juga memiliki kemampuan di atas rata-rata manusia.

Seperti misalnya dapat bekerja selama 24 jam, tidak memerlukan waktu libur serta memiliki perawatan yang lebih efisien. Tentu saja hal ini menjadikan poin lebih dari adanya teknologi robot polisi.

Seperti yang sudah diberitakan, robot polisi yang lebih berperan untuk mendampingi tugas polisi ini memiliki berat sekitar 100 kg. Tugas utama para robot berjuluk robot REEM ini lebih kepada melayani permasalahan sosial di lingkungan masyarakat.

Misalnya seperti melayani laporan tindakan kejahatan, melayani pembayaran denda pelanggaran lalu lintas, dan sebagainya. Selain  dapat menerima berbagai keluhan, robot polisi ini juga dapat melakukan beberapa gerakan seperti berjabat tangan dan hormat.

Dengan adanya perangkat IoT di dalamnya, robot polisi pertama ini dapat berintegrasi dengan berbagai media sosial. Serta dapat menyiarkan video feed secara live saat terjadi suatu peristiwa genting di sekitarnya. Dengan adanya berbagai fitur teknologi canggih di dalamnya, peluncuran robot polisi ini membuat UAE mendapatkan julukan sebagai smart city.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *