Bahaya Radiasi Komputer Bagi Kesehatan

Computer saat ini sudah banyak dipakai oleh orang-orang umum, baik di perkantoran ataupun di perumahan. Karna dipandang bisa mempermudah satu perkerjaan. Computer banyak juga digunakan oleh beragam profesi, seperti desainer, pengajar, akuntan, photografer, serta banyak sekali lagi. Karna dipandang computer mempunyai multi peranan.

Bahaya Radiasi Komputer Bagi Kesehatan

Tetapi di balik keserbagunaannya, computer dapat juga mengakibatkan kerusakan kesehatan kita, terlebih mata. Karna radiasi yang di keluarkan oleh monitor atau computer tersebut yang bisa mengganggu kesehatan mata. Bersamaan dengan perubahan tehnologi, radiasi computer juga bisa diminimalis. Dulu monitor monitor computer berupa seperti balok, begitu besar serta radiasi yang dibuat juga cukup besar. Tetapi saat ini monitor monitor telah ramping serta radiasinya juga telah makin kecil, atau seringkali dimaksud dengan monitor LCD.

 

Lantas bagaimana caranya kurangi bahaya radiasi computer? Berdasar pada riset tingkat pancaran gelombang elektromagnet pada kesehatan, dianjurkan supaya tidak meletakkan perlengkapan elektronik rumah tangga sangat memusat, terlebih TV, computer serta kulkas yang baiknya tidak dipusatkan dalam satu ruangan atau sama-sama berdekatan karna dapat tingkatkan dosis radiasi dalam jumlah yang terlalu berlebih. Karenanya tempat penempatan computer dalam tata ruangan begitu perlu. Sisi belakang monitor computer jangan pernah menghadap orang yang lain, karna radiasi computer terbesar berada di belakang monitor, sedang dimuka monitor mempunyai tingkat radiasi terendah. Untuk pemakai computer juga dianjurkan untuk rajin membersihkan muka serta tangan, olahraga enteng supaya badan hangat sesudah berjam-jam dimuka computer.

 

Untuk melindungi mata kita dari radiasi computer cukup gampang :

Dengan melindungi jarak mata anda ke computer, minimum 30cm.
Atur tinggi rendahnya monitor supaya sejajar dengan mata
Mengatur warna serta pencahayaan monitor supaya tidaklah terlalu jelas serta tidaklah terlalu gelap
Pencahayaan di sekitar computer juga mesti memenuhi, janganlah memakai computer di ruang yang gelap
Pakai monitor yang berupa LCD/Plasma
Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A

 

Beberapa pakar kesehatan menyebutkan, dalam kehidupan keseharian dimana-mana ada radiasi gelombang elektromagnet. Hingga kebanyakan orang mesti dapat membuat perlindungan diri dengan gagasan, namun tidak butuh terasa sangat tegang serta ketakutan, walau karena gelombang elektromagnet bisa menyebabkan kanker serta penyakit beda.

Mungkin saja bukanlah saya saja yang terkadang lupa dimuka computer sampai terdengar adzan subuh, mungkin saja juga tidak cuma penulis yang setia dimuka laptop dengan atau tanpa ada ditemani lagu. Mungkin saja anda juga sama juga dengan saya orang yang begitu sukai ‘bercengkrama’ dengan berita dunia maya…walaupun begitu membenci yang namanya chatting. Ya…orang-orang yang terkadang tidak mengerti kalau dianya meletakkan computer jadi soulmatenya.. termasuk juga suami saya.

Beberapa orang ini (termasuk juga saya) terkadang lupa kalau computer atau laptop yang kita pakai mempunyai banyak rahasia yang tidak tersingkap. Sempatkah Anda mendengar kalau radiasi computer dari monitor bisa mengganggu kesehatan mata Anda? Dari banyak riset di ketahui kalau radiasi dari monitor monitor bisa mengganggu kesehatan mata. Kabar baiknya, radiasi computer tidak memiliki kandungan radiasi yang berbentuk radioaktif.

Radiasi computer bisa menyebabkan rabun mata, katarak, epilepsi. Dampaknya baru dirasa 15 atau 20 th. lalu. Dampak itu adalah sistem yang berlangsung dengan bertahap yang umumnya orang tidak mengerti kalau kemungkinan itu betul-betul dapat berlangsung.

Seperti yang telah sempat kita ulas di chapter pertama, kalau semuanya alat elektronik keluarkan semacam medan elektromagnetik (electromagnetic field atau EMF) yang disebut satu diantara type radiasi.

Tetapi, EMF yaitu type radiasi yang non-ionisasi, atau radiasi yang dayanya bahkan juga kurang untuk mengionisasi atom atau mengeksitasi elektron, berlainan dengan radiasi uranium, yang disebut radiasi ionisasi.

Contoh dari radiasi yang berlebihan dari alat elektronik yaitu radiasi dari microwave, yang keluarkan medan dengan frekwensi tinggi yang dapat dideteksi walau dalam jarak sebagian yard. Tetapi umumnya radiasi alat elektronik yang lain juga akan menyusut dalam jarak sebagian inchi saja. Jadi sepanjang kita melindungi jarak yang cukup waktu memakai alat-alat itu, jadi tak ada yang butuh dicemaskan.

Tetapi ada masalah spesial seperti pada pemakaian laptop. Beberapa orang menempatkan laptop diatas paha mereka ketika mereka bekerja. Berarti, jarak pada badan dengan laptop yaitu 0. Bermakna kemungkinan semakin besar, bukan?

Radiasi yang keluar dari laptop umumnya datang dari dalam komponen laptop, seperti harddisk serta chip memori, dari pada yang keluar dari monitor.

WI-FI
Wi-fi (wireless fidelity) yang lebih di kenal jadi jaringan lokal nir kabel, yang makin popular pemakaiannya dinegara maju ataupun negara berkembang. Dengan Wi-fi orang dapat masuk ke jaringan internet tanpa ada mesti ribet menyambungkan kabel dari computer ke line telepon. Di balik keringanan yang di tawarkan Wi-fi terdapat banyak kepercayaan umum yang berasumsi wi-fi beresiko negatif pada kesehatan, di antara bahaya yang ditimbulkannya yaitu bahaya yang ditimbulkannya bisa menyebabkan nyeri dikepala, masalah tidur (insomnia), mual-mual terlebih untuk mereka yang electrosensitif.

Tranceiver (penerima) koneksi wireless juga hasilkan radiasi microwave, hingga ada pula sangkaan yang mengatakan kalau tanda wireless (atau wi-fi, wireless fidelity) tambah lebih beresiko.

Apakah jaringan nirkabel wireless-fidelity (Wi-Fi) betul-betul jadi ancaman kesehatan untuk manusia?. Pertanyaan itu keluar serta memancing perbincangan sesudah Apakah jaringan nirkabel wireless-fidelity (Wi-Fi) betul-betul jadi ancaman Panorama–program stasiun tv Inggris, BBC–menyiarkan hasil investigasinya.

Menurut temuan Pemandangan, tingkat radiasi yang dipancarkan peralatan Wi-Fi pada satu sekolah di Norwich, yang mempunyai lebih dari seribu murid, lebih tinggi daripada tingkat radiasi yang dipancarkan dari menara transmisi operator handphone biasanya. Pengukuran Pemandangan tunjukkan kemampuan tanda Wi-Fi didalam ruangan kelas itu 3x lebih kuat dari pada intensitas radiasi dari menara hp.

Temuan ini dipandang penting karna anak-anak mempunyai tengkorak yang lebih tidak tebal daripada orang dewasa serta tetap dalam step perkembangan. Pengujian tunjukkan kalau anak-anak menyerap radiasi yang semakin banyak dari pada orang dewasa.

Di perkotaan Inggris, hotspot Wi-Fi keluar bak jamur. Menurut Pemandangan, dalam 18 bulan paling akhir ada 2 juta pemakai Wi-Fi baru. Wi-Fi dipakai pada 70 % sekolah sekunder serta 50 % sekolah primer.

Berlainan dengan Pemandangan, pengukuran tingkat radiasi di sekolah Norwich itu jauh dibawah ambang batas keamanan yang di buat pemerintah. Bahkan juga masih tetap 600 kali dibawah ambang batas. Namun beberapa ilmuwan mengira basis ambang batas itu tidak benar. Beberapa peneliti juga prihatin dengan tidak ada riset mengenai efek radiasi jaringan nirkabel (Wi-Fi). Walau sebenarnya untuk penelitian sama pada hp serta menara radio ada beberapa ribu.

Tetapi WHO (World Health Organization) menyangkal hal semacam ini serta menyebutkan kalau dampak WI-FI masih tetap dibawah batas yang dapat mengakibatkan kerusakan badan manusia.

Di bawah ini yaitu sedikit paparan tentang bebrapa sisi computer yang biasanya membuat unit computer dengan atau tanpa ada WI-FI.

MONITOR

Bila Anda bekerja dengan computer 12 jam satu hari serta monitor computer Anda tidak dilindungi dengan filter Anti radiasi juga akan mengakibatkan mata anda perih serta merah. Monitor computer hasilkan radiasi cahaya X, ultraviolet, serta radiasi electromagnetic (sama juga dengan yang dibuat oleh microwave).

Hasil penelitian radiasi monitor terlebih computer juga memberi deskripsi kalau : radiasi monitor computer dengan diagonal berlangsung bocoran radiasi yang jauh semakin besar bila kita bertemu dengan segera. (mis : bila kita bertemu segera, besarnya radiasi x ; jadi dengan monitor yang sama bila kita di tempat diagonalnya, besarnya radiasi x+y).

Siaga keretakan retina karna pancaran radiasi gelombang beta yang diakibatkan oleh monitor computer anda. Monitor computer produksi mulai th. 2004 sudah memasukkan satu komponen silikon radioaktif lemah (group metalloids) yang dapat buat warna XVGA lebih cerah dengan cost yang murah. pancaran radioaktif ini selalu aktif sampai meluruh habis sepanjang 20 th.. rusaknya pada mata tidak dan merta, namun berbentuk gradual. senantiasa isitirahatkan mata anda lewat cara tutup mata setiap 3 jam berkomputer sepanjang 5 menit. Riset lanjut masih tetap dikerjakan di pusat mata USA.

 

Ada referensi kalau batas medan elektromagnetik yang dapat dtoleransi badan yaitu 2. 5 miliGauss. Tetapi, laptop nyatanya dapat keluarkan lebih dari 150 mG waktu dipakai.

Ini yaitu sebagian panduan yang dapat anda kerjakan untuk kurangi dampak dari radiasi computer yaitu seperti berikut :
1. Apabila bekerja dengan computer, tiap-tiap ±30 s/d 50 menit,
istirahatkan mata sepanjang 5 menit, saksikan tanaman yang berwarna hijau, saksikan objek dengan jarak pandang yang beralih dari mulai yang paling dekat hingga paling jauh (saksikan ke awan). Di perusahaan yang terkait dengan computer di LN, jadi tiap-tiap 50 menit semua monitor computer di set auto shut down, untuk mengistirahatkan mata semua karyawan sesaat sepanjang 5 menit.
2. Pakai monitor LCD (liquid crystal display) serta screen filter untuk kurangi radiasi computer. Radiasi yang dikarenakan oleh monitor LCD relatif lebih kecil apabila dibanding dengan radiasi monitor tabung.
3. Cocokkan setting pada monitor Anda. Juga akan menyebabkan jelek pada mata bila setting monitor Anda jadi sangat gelap atau sangat jelas. Coba untuk lakukan seting pada sinar serta contras supaya nyaman untuk mata.
4. Cocokkan tempat monitor supaya tidaklah terlalu tinggi atau sangat rendah. Bila letak monitor sangat tinggi jadi juga akan menggangu suplay udara menuju otak. Tempat yang baik untuk monitor yaitu sejajar dengan mata.
5. Jagalah jarak Anda dengan monitor. Baiknya, jarak minimum pada mata dengan computer yaitu 45 cm.

CONTRAST & BRIGHTNESS

Pekerjaan yang terkait dengan keakuratan warna (umpamanya design), pastinya begitu bergantung pada brightness serta contrast monitor ; dari hasil penelitian semakin tinggi set brightness serta contrast, jadi semakin tinggi radiasinya. Tiap-tiap mata orang mempunyai ketahanan yang berlainan ; pedih, keluar air mata, iritasi, dan lain-lain, yang disebut akibatnya karena hal tertulis diatas. Jika hal semacam ini terus-terusan dihadapi dalam periode waktu yang cukup lama, jadi satu diantara mengakibatkan yaitu : menanggung derita Asthenopia (pupil mata jadi lambat bereaksi pada sinar, karna intensitas sinar (radiasi computer, brightness contrast, sinar matahari, dan lain-lain yang terlalu berlebih).

Ada cara-cara untuk melindungi mata anda lebih maksimum, salah satunya :
1. Bila capek, istirahatkan sebentar mata Anda. Janganlah memaksakan diri untuk tetaplah memandang computer saat capek.

2. Janganlah lupa untuk selalu konsumsi makanan yang bergizi terlebih yang memiliki kandungan banyak vitamin A umpamanya wortel. Tetapi butuh diingat kalau mengkonsumsi vitamin A supaya sesuai dengan dosisnya. Jika terlalu banyak konsumsi vitamin A dapat mengakibatkan overdosis vitamin A. Untuk mengkonsumsi vit A, menurut hasil penelitian paling baru dari inggris diantaranya : Keperluan mengkonsumsi vit A untuk balita : 200 SI/kg berat tubuh, Sedang untuk orang dewasa : 70 SI/kg berat tubuh. Jadi tidaklah perlu mengkonsumsi tablet vit A dengan spesial serta kontinu, karna bisa menyebabkan batu ginjal. Tablet Vit A bisa diminum satu minggu 1x. Beda hal-nya dengan Wortel/sayuran/buah berwarna hijau/Orange semua yang alami memiliki kandungan Pro vit. A yang bisa diuraikan badan dengan baik hingga tidak beresiko merugikan kesehatan. Wortel fresh bisa dikonsumsi segera.

3. Di kompress dengan air hangat/boorwater/dengan mentimun (baik untuk mata serta kulit)

4. Tidur/istirahat teratur sepanjang 8 jam.

5. Spesial di daerah tropik, banyak orang yang belum juga sadar serta ‘care’ pada mata sendiri : jagalah mata anda dari sinar matahari karna intensitas sinar matahari jauh semakin besar serta bisa menyebabkan katarak.

6. Spesial Orang Tua serta Calon Orang Tua : Sarankan anak anda dari ekarang, melihat TV/main playstation, dll, dengan jarak minimum 3 mtr.. Janganlah membaca sembari tidur/di tempat yang kurang pencahayaannya. Hal inisangat perlu ditanamkan mulai sejak awal.

CHASING

Computer desktop diperlengkapi dengan casing metal hingga membuat pelindung Gauss yang membuat perlindungan dari radiasi. Tetapi pada pembuat laptop ada yang menyingkirkan pelindung ini dari produknya supaya laptop mereka lebih enteng serta lebih menarik pemakai.

Menurut Profesor Olle Johansson dari Karolinska Institute in Swedia, yang diwawancarai Pemandangan, “Jika lihat literatur, Anda dapat dapatkan beberapa dampak radiasi, seperti rusaknya kromosom, beresiko pada kemampuan konsentrasi serta berkurangnya memori periode pendek, dan meningkatnya peristiwa beragam type kanker. ”

Radiasi begitu mengganggu jaringan badan manusia terlebih pada kulit, telinga, mata, system syaraf serta bisa mengakibatkan masalah sel yang mengakibatkan mutasi gen. Seperti juga yang berlangsung pada laptop. Alat komunikasi yang satu ini telah membudaya pemakaiannya. Terkecuali pemakaiannya terkadang sembarang juga sering kali akrab dibawa kemana saja serta begitu akrab dengan perilaku pemilikinya.

Untuk hindari beberapa hal yg tidak dikehendaki barusan sebisa-bisanya kita hindari dampak radiasi yang hebat pada monitor dan system mekanisnya. Karna dalam satu penelitian diketemukan pada 30. 000 masalah pada pekerja computer th. 1969, temukan masalah sebagian besar yang berlangsung yaitu terkecuali kanker otak juga masalah system saraf pusat manusia juga mengakibatkan kematian.

Memanglah bukan perkara yang gampang untuk hindari radiasi computer karna untuk menggerakkan pekerjaan keseharian kita senantiasa dituntut untuk tetaplah ada dimuka computer. Tetapi, masih tetap ada cara-cara seperti di atas yang dapat dikerjakan untung kurangi dampak jelek dari radiasi computer.
Artikel ini juga sekalipun tidak melarang anda untuk tetaplah memakai laptop atau computer, tetapi layak jadi wacana mengambil keputusan hal yang paling baik untuk diri kita, sekalian teguran buat saya pribadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *